Minggu, 13 Desember 2015

Cara Instal Aplikasi di Linux

Bagaimana Cara Instal Aplikasi di Linux Mint - Selamat malam sobat www.nhumedia.web.id. Kali ini kita akan bahas tentang linux ne. Sudah tahu kan perbedaan linux sama windows? Linux itu gratis, sedangkan windows itu kita harus beli. Tetapi banyak yang makek bajakan lho. :). Nah, sekarang beralih ke linux yok yang gratis, buat yang bingung apa itu linux mint, coba baca-baca dulu disini Linux Mint v17.3 Rosa Terbaru.

Mengenal File DEB di Linux - Ada banyak distro untuk linux sendiri ya. Studi kasus kali ini saya menggunakan linux mint dengan turunan dari debian dan ubuntu. Sekarang kita mencoba menggunakan Team Viewer sebagai ujicoba untuk menginstal aplikasi yang ada di linux. Seperti apa ya prosesnya, ada tombol Next nya seperti di windows gak? Seharusnya berbeda deh. Yang masih penasaran sama linux, pelajari ini dulu Cara Instal dan Partisi Linux Mint Terbaru.


Langkah-langkah Menginstal Program di Linux :


Langkah Pertama - Download dan Install klik 2x file DEB master aplikasi seperti biasa, pastikan jangan salah pilih aplikasi ya, untuk master linux sendiri beda-beda berdasarkan distronya. Untuk linux mint kita menggunakan file DEB, berbeda dengan windows yang biasa menggunakan EXE.


Langkah Kedua - Mengenal Super User atau Sudo SU - Super user harus digunakan ketika kita melakukan proses instalasi, kalau di windows sama halnya seperti kita menjalankan mode administrator. Perhatikan artikel ini  Fungsi Run as Administrator.


Langkah Ketiga - Sudah selesai gitu aja, untuk team viewer nanti masuk dalam kategori Internet ya. Ini juga pernah saya bahas disini Aplikasi Bawaan di Linux Mint Rosa 17.3.

Untuk Proses Uninstall di Linux tunggu artikel selanjutnya ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar